Tuesday 10 February 2015

Wisata Sejarah ke Benteng Indra Patra, berasa balik ke masa lalu!


Benteng Indra Patra ini terletak di Desa Ladong, kecamatan Mesjid raya, kabupaten Aceh besar. 19 km ke arah barat dari Banda Aceh dan dapat ditempuh dengan 30 menit perjalanan darat. Benteng ini adalah benteng yang dibangun oleh Raja Kerajaan Lamuri yang merupakan kerajaan Hindu pertama di Aceh untuk melindungi rakyatnya dari serangan kapal-kapal perang portugis. Disebut juga benteng Inoeng Balee karena kemudian digunakan oleh Laksamana Malahayati sebagai pertahanan ketika jaman perang.

Perjalanan ke Benteng ini bisa ditempuh dengan mobil. Karena benteng ini masih terletak di desa Lamreh, aku saranin mampir ke Benteng Indra Patra, Pantai Lhok Mee, dan Tebing Lamreh dalam sekali jalan. Karena lokasi ketiga tempat ini berdekatan, dan perjalanan yang jauh pasti bikin capek kalau harus balik besok dan besoknya lagi.

Pertama masuk ke area benteng, aku langsung bengong, speechless. Waaaw.. ada tempat kaya gini, di tempat kaya gini? (apa sih ini maksudnya). Aku pikir tuh bentengnya ga terlalu besar, terus pasti bentuknya kotak kaya benteng-benteng umumnya kan? Nah disini engga. Ini beda banget! Trust me! BENTENGNYA GEDE BANGET. Yap, luas sekaleee. Dan ada dua pula. Jadi alhasil pas naik tangga buat masuk ke bentengnya, mulut udah ga bisa berenti bilang “waaaww” “amazing banget” “eh ini bisa ada rumput” “eh kok bentengnya masih bagus” “eh tongsis mana, tongsis?” dan suara kamera terdengar ratusan kali.
.

Berdiri disana aku bisa denger suara ombak, deket banget. Hasil googling (karena disana belum ada guidenya), ternyata lokasi benteng pertahanan perang ini strategis banget di dekat selat Malaka. Jadi kalo ada kapal musuh yang baru dateng gitu, bisa langsung diusir-usirin sama pahlawan-pahlawan kita dulu. Oh iya selain sebagai benteng pertahanan, benteng Indra Patra juga digunakan sebagai tempat ibadah umat Hindu di tanah Aceh tempo dulu. Keren maksimal.

Tapi ada hal yang cukup miris sih disana. Disana tuh sepi. Waktu aku jalan-jalan kesana ga ada pengunjung lain selain aku sama sepupu aku. Ini parah banget kan? Come on dong anak muda! Wisata ke tempat-tempat sejarah kaya gini tuh penting. Epic banget loh! View-nya ga akan bikin siapa pun yang sudi mampir nyesel. Selagi ini ada di Indonesia!

Dari 1 – 10, aku kasih nilai 10 buat Benteng Indra Patra. I wanna come back again.

Cuplikan ..


(sumber: google)

No comments:

Post a Comment